Siswa dibagi menjadi 9 kelompok belajar berdasarkan urutan absensi kelas dan
ditugaskan untuk mempresentasikan tugas presentasi yang terdiri dari :
No.
|
Nama Kelompok
|
Urutan Absensi Kelas
|
Judul Tugas Presentasi
|
1.
|
Kelompok 1
|
Urutan 1, 2, dan 3
|
1.
Penanganan Pelayanan Housekeeping
2.
Menangani Keperluan Housekeeping.
|
2.
|
Kelompok
2
|
Urutan 4, 5, dan 6
|
1.
Merinci permintaan tamu, mendokumentasikan dan mengkonfirmasikan
permintaan tamu
2.
Prosedur pengiriman barang yang dipinjam oleh tamu.
|
3.
|
Kelompok
3
|
Urutan 7, 8, dan 9
|
1.
Mengatur Perlengkapan yang dipinjam oleh tamu,
2.
Prosedur pengambilan Perlengkapan yang dipinjam oleh
tamu,
3.
Rincian Proses Permintaan
Housekeeping.
|
4.
|
Kelompok
4
|
Urutan 10, 11, dan 12
|
1.
Order pembersihan kamar (order pembersihan kamar baik
yang langsung dari tamu maupun melalui Front Office),
2.
Penanganan kamar don’t disturb.
|
5.
|
Kelompok
5
|
Urutan 13, 14, dan 15
|
1.
Permintaan penambahan tempat tidur (Extra Bed),
2.
Make up baby cot.
|
6.
|
Kelompok
6
|
Urutan 16, 17, dan 18
|
1.
Permintaan penggantian linen,
2.
Permintaan tambahan guest supplies,
3.
Turn down service.
|
7.
|
Kelompok
7
|
Urutan 19, 20, dan 21
|
1.
Placing flower in VIP or suites room,
2.
Permintaan penambahan atau perpindahan kamar,
3.
Peminjaman peralatan atau barang.
|
8.
|
Kelompok
8
|
Urutan 22, 23, dan 24
|
1.
Prosedur pengiriman dan pengembalian barang yang dipinjam,
2.
Penanganan pemeriksaan mini bar,
3.
Penanganan kerusakan dan gangguan di kamar.
|
9.
|
Kelompok
9
|
Urutan 25, 26, 27, 28
|
1.
Penanganan lost and found,
2.
Penanganan Peminjaman Barang Yang Tidak Dikenakan
Biaya (Miscellaneous Charge),
3.
Standard keamanan dan keselamatan kerja dalam melayani
permintaan tamu.
|
LEMBAR PENILAIAN
PRESENTASI SISWA
Kompetensi
Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Standar Kompetensi : Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu
Judul Tugas Presentasi : ....................................................................................
Nama Siswa : …………………………………..…
Kelas : ……………………………………....
Kelompok :
........................................
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor Maksimal
|
Skor Penilaian
|
Penilaian
|
1.
|
Penampilan diri (Performance)
|
10
|
Individu
|
|
2.
|
Bobot materi yang disajikan
|
20
|
Kelompok
|
|
3.
|
Teknik penyampaian materi
|
20
|
Kelompok
|
|
4.
|
Penguasaan materi
|
20
|
Individu
|
|
5.
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
|
10
|
Individu
|
|
6.
|
Keaktifan
|
10
|
Individu
|
|
7.
|
Kerjasama
|
10
|
Individu
|
|
JUMLAH
|
100
|
Keterangan :
1.
Penilaian diberikan sesuai dengan hasil pengamatan guru
terhadap proses presentasi yang dilakukan oleh siswa saat presentasi sedang
berlangsung.
2.
Jumlah Skor Penilaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥
75.
3.
Waktu diberikan maksimal 25 menit selama melaksanakan presentasi.
4.
Penilaian individu diberikan kepada masing-masing siswa
dengan nilai sesuai dengan kemampuan individu dalam proses presentasi.
5.
Penilaian kelompok diberikan kepada siswa dengan nilai
yang sama sesuai dengan kemampuan pada satu kelompok belajar dalam proses
presentasi.
Pangkalpinang, ……..…....………….............
Guru
Mapel MLHKT,
...................................................
NIP.