PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Jumat, 27 Desember 2013

TUGAS PRESENTASI SISWA

Siswa dibagi menjadi 9 kelompok belajar berdasarkan urutan absensi kelas dan ditugaskan untuk mempresentasikan tugas presentasi yang terdiri dari :

No.
Nama Kelompok
Urutan Absensi Kelas
Judul Tugas Presentasi
1.
Kelompok 1
Urutan 1, 2, dan 3
1.  Penanganan Pelayanan Housekeeping
2.  Menangani Keperluan Housekeeping.
2.
Kelompok 2
Urutan 4, 5, dan 6
1.    Merinci permintaan tamu, mendokumentasikan dan mengkonfirmasikan permintaan tamu
2.    Prosedur pengiriman barang yang dipinjam oleh tamu.
3.
Kelompok 3
Urutan 7, 8, dan 9
1.    Mengatur Perlengkapan yang dipinjam oleh tamu,
2.    Prosedur pengambilan Perlengkapan yang dipinjam oleh tamu,
3.    Rincian Proses Permintaan Housekeeping.
4.
Kelompok 4
Urutan 10, 11, dan 12
1.    Order pembersihan kamar (order pembersihan kamar baik yang langsung dari tamu maupun melalui Front Office),
2.    Penanganan kamar don’t disturb.
5.
Kelompok 5
Urutan 13, 14, dan 15
1.    Permintaan penambahan tempat tidur (Extra Bed),
2.    Make up baby cot.
6.
Kelompok 6
Urutan 16, 17, dan 18
1.    Permintaan penggantian linen,
2.    Permintaan tambahan guest supplies,
3.    Turn down service.
7.
Kelompok 7
Urutan 19, 20, dan 21
1.    Placing flower in VIP or suites room,
2.    Permintaan penambahan atau perpindahan kamar,
3.    Peminjaman peralatan atau barang.
8.
Kelompok 8
Urutan 22, 23, dan 24
1.    Prosedur pengiriman dan pengembalian barang yang dipinjam,
2.    Penanganan pemeriksaan mini bar,
3.    Penanganan kerusakan dan gangguan di kamar.
9.
Kelompok 9
Urutan 25, 26, 27, 28
1.  Penanganan lost and found,
2.  Penanganan Peminjaman Barang Yang Tidak Dikenakan Biaya (Miscellaneous Charge),
3.  Standard keamanan dan keselamatan kerja dalam melayani permintaan tamu.



LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI SISWA

Kompetensi Keahlian     :  Akomodasi Perhotelan
Standar Kompetensi      :  Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu
Judul Tugas Presentasi  :   ....................................................................................
Nama Siswa              : …………………………………..…                                       
Kelas                       : ……………………………………....
Kelompok                 : ........................................

No.
Aspek Penilaian
Skor Maksimal
Skor Penilaian
Penilaian
1.
Penampilan diri (Performance)
10

Individu
2.
Bobot materi yang disajikan
20

Kelompok
3.
Teknik penyampaian materi
20

Kelompok
4.
Penguasaan materi
20

Individu
5.
Penggunaan Bahasa Indonesia
10

Individu
6.
Keaktifan
10

Individu
7.
Kerjasama
10

Individu
JUMLAH
100



Keterangan :
1.  Penilaian diberikan sesuai dengan hasil pengamatan guru terhadap proses presentasi yang dilakukan oleh siswa saat presentasi sedang berlangsung.
2.  Jumlah Skor Penilaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75.
3.  Waktu diberikan maksimal 25 menit selama melaksanakan presentasi.
4.  Penilaian individu diberikan kepada masing-masing siswa dengan nilai sesuai dengan kemampuan individu dalam proses presentasi.
5.  Penilaian kelompok diberikan kepada siswa dengan nilai yang sama sesuai dengan kemampuan pada satu kelompok belajar dalam proses presentasi.

Pangkalpinang, ……..…....………….............

Guru Mapel MLHKT,



...................................................
        NIP.