PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Senin, 02 September 2013

MERINCI PERMINTAAN TAMU, MENDOKUMENTASIKAN DAN MENGKONFIRMASIKAN PERMINTAAN TAMU

Guest loan item
Guest loan item adalah Barang atau perlengkapan hotel yang dipinjam oleh tamu. Guest loan item terbagi menjadi 2 kelompok yakni :
·  Guest loan item with additional charges (dengan tambahan biaya), yakni barang-barang tertentu benilai tinggi dan perlu adanya perawatan khusus yang membutuhkan biaya, contohnya : extra bed, baby cot, wheel chair, LCD/infocus, OHP, Laptop, slide/screen, dan lain-lain.
· Guest loan item without additional charges (tanpa tambahan biaya), yakni barang-barang tertentu yang tidak terlalu membutuhkan biaya dan perawatan khusus, contohnya: iron and iron board, adaptor/chargerelectric jack, hair dryer, praying mat/sajadah, mukenah, scissors, cutter dan lain-lain. Khusus untuk peminjaman iron and iron board biasanya hotel membatasi lamanya waktu peminjaman maksimal 2 jam, hal ini mengingat adanya tamu lain yang akan meminjamnya lagi.

Beberapa dokumen untuk mencatat permintaan/peminjaman barang Hotel oleh tamu:

Log book :
·   Diisi oleh bagian Order taker dan disimpan di housekeeping.
·   Berisi laporan singkat dari tamu/room attendant yang mendapat informasi langsung dari tamu mengenai barang/perlengkapan kamar yang akan dipinjam oleh tamu.
Formulir permintaan tamu :
·  Diisi oleh room attendat yang mengantarkan permintaan tamu beserta keterangan/ kondisi barang pada saat dikembalikan oleh tamu.
·   Disimpan di Housekeeping.
Formulir peminjaman barang :
·   Diisi oleh tamu yang meminjam dan petugas yang mengantarkan barang permintaan tamu.
·   Ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Contoh Dokumen/Formulir Peminjaman Barang Hotel Untuk Tamu

                                                                       Log Book

No.
Tanggal
Uraian Jenis barang
Keterangan
Oleh Petugas
Nama Tamu
No. Kamar















































































                                                          Formulir Permintaan Tamu

No
urut
No kamar
Tanggal
Jenis Barang
Keterangan barang
Oleh Petugas
Pinjam
Kembali
Awal
Akhir
Pengantar
Penerima






















































































































                                                   Formulir Peminjaman Barang


Nama Tamu       : .........................................................
Nomor Kamar   : .........................................................
Jenis Barang      : .........................................................
Tgl Check Out   : .........................................................

Silahkan hubungi Kantor Housekeeping pada Ext ……...... apabila anda telah selesai menggunakan barang atau bagian Front Office bila anda meninggalkan hotel.

Bila ada yang hilang / rusak akan dikenakan biaya : Rp …………….....

          Tanda tangan petugas,                                                     Tanda tangan tamu,


      ............................................                                            .........................................

1. Tamu
2. Front office
3. Housekeeping

TIPS
Untuk permintaan barang-barang yang kecil, seperti permintaan tambahan guest supplies/ amenities, cukup dicatat ke dalam log book saja untuk mengetahui pengantarannya.
Sedangkan barang yang lainnya sebelum dicatat kedalam formulir peminjaman barang, perhatikan baik-baik kondisi barang sebelum dikirim ke tamu, untuk memastikan kondisi yang sama pula pada saat diambil kembali. Jangan lupa untuk mengisi formulir dengan lengkap dan jelas!

3 komentar:

  1. terangkanLah~
    prediksi yg burem~
    menjadi penuh warna~

    BalasHapus
  2. Halo,
    Mencari pinjaman yang asli ?, apakah Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis atau memperbaiki keuangan Anda, pernahkah Anda ditolak oleh bank atau lembaga keuangan lainnya? Cari tahu lebih banyak, saya Mrs. Ivana Majdandzic adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi masa lalu. Kami adalah perusahaan pinjaman yang terpercaya, terpercaya dan transparan yang menawarkan segala jenis pinjaman dengan tarif rendah dan terjangkau sebesar 2% dan kami akan dengan senang hati bersedia menawarkan pinjaman hari ini untuk info lebih lanjut hubungi kami melalui email. Di {ivanamajdandzic9@gmail.com}.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  3. Informasi yang bagus dan menarik

    BalasHapus