Guest loan item
Guest loan item adalah Barang atau perlengkapan hotel yang dipinjam oleh
tamu. Guest loan item terbagi menjadi 2 kelompok yakni :
· Guest loan item with additional charges (dengan tambahan biaya), yakni barang-barang tertentu benilai tinggi dan perlu adanya perawatan khusus yang membutuhkan biaya, contohnya : extra bed, baby cot, wheel chair, LCD/infocus, OHP,
Laptop, slide/screen, dan lain-lain.
· Guest loan item without additional charges (tanpa tambahan biaya), yakni barang-barang tertentu yang tidak terlalu membutuhkan biaya dan perawatan khusus, contohnya: iron
and iron board, adaptor/charger, electric jack, hair dryer, praying mat/sajadah, mukenah, scissors, cutter dan
lain-lain. Khusus untuk peminjaman iron and iron board biasanya hotel membatasi
lamanya waktu peminjaman maksimal 2 jam, hal ini mengingat adanya tamu lain
yang akan meminjamnya lagi.
Beberapa dokumen untuk mencatat
permintaan/peminjaman barang Hotel oleh tamu:
Log book :
· Diisi
oleh bagian Order taker dan disimpan di housekeeping.
· Berisi
laporan singkat dari tamu/room attendant yang mendapat informasi langsung dari
tamu mengenai barang/perlengkapan kamar yang akan dipinjam oleh tamu.
Formulir permintaan tamu :
· Diisi
oleh room attendat yang mengantarkan permintaan tamu beserta keterangan/ kondisi
barang pada saat dikembalikan oleh tamu.
· Disimpan
di Housekeeping.
Formulir peminjaman barang :
· Diisi oleh tamu yang meminjam dan
petugas yang mengantarkan barang permintaan tamu.
· Ditandatangani oleh kedua belah pihak.
Contoh Dokumen/Formulir Peminjaman Barang Hotel Untuk Tamu
Log Book
No.
|
Tanggal
|
Uraian Jenis barang
|
Keterangan
|
Oleh Petugas
|
|
Nama Tamu
|
No. Kamar
|
||||
Formulir Permintaan
Tamu
No
urut
|
No kamar
|
Tanggal
|
Jenis Barang
|
Keterangan barang
|
Oleh Petugas
|
|||
Pinjam
|
Kembali
|
Awal
|
Akhir
|
Pengantar
|
Penerima
|
|||
Formulir
Peminjaman Barang
Nama Tamu : .........................................................
Nomor Kamar : .........................................................
Jenis Barang : .........................................................
Tgl Check Out : .........................................................
Silahkan
hubungi Kantor Housekeeping pada Ext ……...... apabila anda telah selesai
menggunakan barang atau bagian Front Office bila anda meninggalkan
hotel.
Bila
ada yang hilang / rusak akan dikenakan biaya : Rp …………….....
Tanda tangan petugas, Tanda tangan tamu,
............................................
.........................................
1. Tamu
2. Front
office
3.
Housekeeping
|
TIPS
Untuk
permintaan barang-barang yang kecil, seperti permintaan tambahan guest
supplies/ amenities, cukup dicatat ke dalam log book saja untuk mengetahui
pengantarannya.
Sedangkan
barang yang lainnya sebelum dicatat kedalam formulir peminjaman barang,
perhatikan baik-baik kondisi barang sebelum dikirim ke tamu, untuk memastikan
kondisi yang sama pula pada saat diambil kembali. Jangan lupa untuk mengisi
formulir dengan lengkap dan jelas!
terangkanLah~
BalasHapusprediksi yg burem~
menjadi penuh warna~
Halo,
BalasHapusMencari pinjaman yang asli ?, apakah Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis atau memperbaiki keuangan Anda, pernahkah Anda ditolak oleh bank atau lembaga keuangan lainnya? Cari tahu lebih banyak, saya Mrs. Ivana Majdandzic adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi masa lalu. Kami adalah perusahaan pinjaman yang terpercaya, terpercaya dan transparan yang menawarkan segala jenis pinjaman dengan tarif rendah dan terjangkau sebesar 2% dan kami akan dengan senang hati bersedia menawarkan pinjaman hari ini untuk info lebih lanjut hubungi kami melalui email. Di {ivanamajdandzic9@gmail.com}.
Tuhan memberkati Anda.
Informasi yang bagus dan menarik
BalasHapus