PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Senin, 02 September 2013

RINCIAN PROSES PERMINTAAN HOUSEKEEPING

Rincian Proses I

Urutan Proses
1
2
Nama Proses
·      Penerimaan permintaan pelayanan tambahan housekeeping
·       Penyampaian ke staf yang bertugas
Input
·      Kebutuhan tamu akan pelayanan tambahan yang berhubungan dengan housekeeping; misalnya penyimpanan hair dryer, towel dan lain-lain
·      Permintaan pelayanan tambahan housekeeping oleh tamu tercatat
·      Permintaan perbaikan kerusakan tercatat (work order)
Kegiatan
·      Menerima telpon dari tamu
·      Mencatat permintaan/ keluhan tamu pada log book order taker
·      Mengulang kembali apa yang diminta tamu, identitas, dan nomor kamar tamu untuk memastikan kesulitan permintaan
·      Menyampaikan kepada petugas housekeeping/petugas dari bagian lain yang berkompeten memenuhi permintaan tamu
·      Meminta petugas tersebut mengulang kembali permintaan, dan nomor kamar tamu untuk memastikan kesesuaian permintaan
Out put
·      Permintaan pelayanan tambahan housekeeping oleh tamu tercatat
·      Keluhan tamu disampaikan ke bagian terkait
·       Petugas yang berkompeten siap menindaklanjuti permintaan tamu
Kriteria out put
·      Dicatat permintaan tamu, nomor kamar dan jam/waktu permintaan diterima serta inisial petugas yang menerima
·      Dicatat permintaan tamu, nomor kamar dan jam/waktu permintaan diterima serta inisial petugas yang berkompeten menindaklanjuti.
Pelaksana
·      Tamu
·      Order taker
Penerima
·      Order taker /staf housekeeping
·       Petugas yang berkompeten
Dokumen terkait
-
-
Formulir yang digunakan
·      Log book order taker
·      Log book order taker dan work order

Rincian Proses II

Urutan Proses
1
2
Nama Proses
·      Tindak lanjut
·      Pengecekan permintaan tamu
Input
·      Petugas yang berkompeten siap menindaklanjuti permintaan tamu
·      Pemenuhan permintaan tamu melalui order taker selesai berdasarkan laporan petugas
Kegiatan
·      Menyiapkan permintaan tamu dan menyampaikan ke tamu
·      Menginformasikan ke order taker bahwa permintaan telah dipenuhi
·      Menelepon kembali ke tamu yang bersangkutan untuk memastikan tindak lanjut telah dilakukan dengan efektif dan efisien.
·      Memberikan keterangan pada Log book permintaan telah dipenuhi dengan baik
Out put
·      Pemenuhan permintaan tamu melalui order taker selesai berdasarkan laporan petugas
·      Pengecekan selesai
Kriteria out put
·      Disampaikan sesuai dengan permintaan tamu
·      Bukti pengecekan ditulis di log book, oleh siapa dan kapan dilakukan.
·      Jika masih ditemukan ketidaksesuaian pemenuhan permintaan tamu maka kembali ke urutan proses ke 3
Pelaksana
-
·      Order taker
Penerima
-
·      Tamu
Dokumen terkait
-
-
Formulir yang digunakan
-
·      Order taker log book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar