PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Kamis, 05 September 2013

ORDER PEMBERSIHAN KAMAR DAN PENANGANAN KAMAR DON’T DISTURB

Order pembersihan kamar (order pembersihan kamar baik yang langsung dari tamu maupun melalui Front Office)
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
a) Order taker segera menyampaikan permintaan tersebut kepada petugas kamar (room attendant/floor supervisor) dengan menggunakan telepon/pager.
b)  Hal yang harus dicatat oleh order taker adalah mencatat permintaan pelayanan pembersihan kamar ke dalam order taker log book.
c) Jam menerima order, nomor kamar, jenis order, asal order, dan nama room attendant yang menerima order.
d)  Berdasarkan order tersebut room attendant segera datang dan membersihkan kamar bersangkutan.
e) Catatan: jika room attendant masih bekerja di kamar lain, floor supervisor wajib memberitahu tamu untuk menunggu sebentar, dan minta maaf atas keterlambatannya.

Penanganan kamar don’t disturb
Penanganan kamar don’t disturb adalah salah satu status kamar di hotel karena salah satu hal/kepentingan tamu yang ada di dalamnya maka tamu yang bersangkutan tidak mau diganggu (don’t diasturb), berarti aktivitas penanganannya harus ditunda kerena tamu tidak mau diganggu.

Bidang/Personil yang terlibat dalam penanganan kamar don’t disturb adalah :
a) Room Attendant
b) Floor/Room Supervisor
c) Front Office
d) Executive Housekeeper/Assistant
e) Duty Manager/Chief Security

Prosedur penanganan kamar don’t disturb adalah sebagai berikut :
a)  Room attendant yang menjumpai DND mencatat nomor kamar yang diberi tanda DND pada door lock (handle) di kamarnya di room report.
b)  Room attendant melaporkan ke floor/room supervisor
c) Petugas kamar memasukkan kartu pemberitahuan tentang pembersihan kamar (Notification Make Up Room) agar tamu tersebut biasa menghubungi housekeeping bila kamarnya minta dibersihkan.
d)  Room attendant akan membersihkan kamar tersebut setelah ada instruksi dari floor supervisor.
e) Tindak lanjut dari penaganan kamar don’t disturb, supervisor harus segera bertindak dengan cara mengghubungi Front Office untuk menyatakan apakah yang tanda DND tamunya sudah CO atau belum.
f)   Jika belum, Floor supervisor melaporkan kepada executive housekeeper /assistant tantang kamar yang masih DND.
g) Executive housekeeper /assistant akan menghubungi kamar tersebut setelah pukul 14.00 untuk mengetahui apakah tamu kamar tersebut masih ada di kamar atau tidak.
h) Apabila kamar terkunci dengan safety chain atau ring lock, segera melaporkan kepada duty manager untuk tindakan selanjutnya.
i)   Executive housekeeper/assistant langsung ke kamar tersebut untuk membuka kamar dengan master key untuk memeriksa kondisi kamar tersebut.
j)   Bila keadaan kamar biasa dan tidak mencurigakan segera beritahukan kepada supervisor.
k) Jika didalam kamar tersebut terdapat hal-hal yang mencurigakan seperti adanya senjata api atau senjata tajam, bahan peledak, dan lain-lain segera melaporkan kepada duty manager atau chief security untuk mendata kamar tersebut.

Alur pananganan kamar DND
Bagan alur pananganan kamar DND adalah sebagai berikut



Contoh DND Sign
Contoh DND sign adalah sebagai berikut :

Contoh DND Sign 1



Contoh DND Sign 2


1 komentar: