Order pembersihan kamar (order
pembersihan kamar baik yang langsung dari tamu maupun melalui Front Office)
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
a) Order
taker segera menyampaikan permintaan tersebut kepada petugas kamar (room
attendant/floor supervisor) dengan menggunakan telepon/pager.
b) Hal
yang harus dicatat oleh order taker adalah mencatat permintaan pelayanan pembersihan kamar
ke dalam order taker log book.
c) Jam
menerima order, nomor kamar, jenis order, asal order, dan nama room attendant
yang menerima order.
d) Berdasarkan
order tersebut room attendant segera datang dan membersihkan kamar bersangkutan.
e) Catatan:
jika room attendant masih bekerja di kamar lain, floor supervisor wajib
memberitahu tamu untuk menunggu sebentar, dan minta maaf atas keterlambatannya.
Penanganan kamar don’t disturb
Penanganan
kamar don’t disturb adalah salah satu status kamar di hotel karena salah satu
hal/kepentingan tamu yang ada di dalamnya maka tamu yang bersangkutan tidak mau
diganggu (don’t diasturb), berarti aktivitas penanganannya harus ditunda kerena
tamu tidak mau diganggu.
Bidang/Personil yang terlibat dalam
penanganan kamar don’t disturb adalah :
a)
Room Attendant
b)
Floor/Room Supervisor
c)
Front Office
d)
Executive Housekeeper/Assistant
e)
Duty Manager/Chief Security
Prosedur penanganan kamar don’t disturb adalah sebagai berikut :
a) Room
attendant yang menjumpai DND mencatat nomor kamar yang diberi tanda DND pada
door lock (handle) di kamarnya di room report.
b) Room
attendant melaporkan ke floor/room supervisor
c) Petugas
kamar memasukkan kartu pemberitahuan tentang pembersihan kamar (Notification
Make Up Room) agar tamu tersebut biasa menghubungi housekeeping bila kamarnya minta
dibersihkan.
d) Room
attendant akan membersihkan kamar tersebut setelah ada instruksi dari floor
supervisor.
e) Tindak
lanjut dari penaganan kamar don’t disturb, supervisor harus segera bertindak
dengan cara mengghubungi Front Office untuk menyatakan apakah yang tanda DND
tamunya sudah CO atau belum.
f) Jika
belum, Floor supervisor melaporkan kepada executive housekeeper /assistant
tantang kamar yang masih DND.
g) Executive
housekeeper /assistant akan menghubungi kamar tersebut setelah pukul 14.00 untuk
mengetahui apakah tamu kamar tersebut masih ada di kamar atau tidak.
h) Apabila
kamar terkunci dengan safety chain atau ring lock, segera melaporkan kepada
duty manager untuk tindakan selanjutnya.
i) Executive
housekeeper/assistant langsung ke kamar tersebut untuk membuka kamar dengan
master key untuk memeriksa kondisi kamar tersebut.
j) Bila
keadaan kamar biasa dan tidak mencurigakan segera beritahukan kepada supervisor.
k) Jika
didalam kamar tersebut terdapat hal-hal yang mencurigakan seperti adanya senjata
api atau senjata tajam, bahan peledak, dan lain-lain segera melaporkan kepada
duty manager atau chief security untuk mendata kamar tersebut.
Alur pananganan kamar DND
Bagan alur
pananganan kamar DND adalah sebagai berikut
Contoh
DND Sign
Contoh DND sign adalah sebagai berikut
:
Contoh DND Sign 1
Contoh DND
Sign 2
Penyelesaian nya mana
BalasHapus