Jenis
pelayanan yang disediakan oleh housekeeping untuk memenuhi permintaan tamu meliputi jenis barang dan jasa. Dan jenis barang dan jasa yang disediakan oleh
Housekeeping untuk memenuhi permintaan tamu di kamar hotel belum tentu dapat
memenuhi seluruh kebutuhan para tamu. Oleh karena itu hotel perlu menyediakan
keperluan-keperluan tambahan untuk mengantisipasi kebutuhan tamu tersebut.
Adapun untuk dapat memenuhi permintaan tamu, selain perlengkapan yang memadai
juga dibutuhkan kemampuan seorang karyawan (room attendant) yang memiliki
sikap, pengetahuan dan keterampilan yang baik. Ada beberapa hal
penting yang harus diketahui oleh petugas housekeeping yakni menyangkut :
1) Cara menangani permintaan
Didalam memberikan pelayanan tambahan
tersebut seorang petugas housekeeping dituntut untuk mampu memberikan pelayanan
yang maksimal terhadap tamu. Oleh karena itu seorang petugas housekeeping perlu
memiliki sikap yang profesional dalam menangani tamu. Untuk memberikan
pelayanan yang memuaskan dan menciptakan keakraban antara pihak hotel dengan
tamu melalui pemberian pelayanan dengan selalu mengingat/menyebut nama tamu.
Sehingga tamu merasa diperlakukan istimewa seperti keluarga sendiri.
2) Menyambut tamu
Dalam rangka menciptakan dan meningkatkan mutu pelayanan dan
citra/image yang baik bagi hotel, tamu mengharapkan pelayanan yang memuaskan
(ramah, sopan, cepat dan tepat) dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang
memuaskan.
Keuntungan bagi tamu :
· Dengan menyambut/menyapa sambil
menyebut nama tamunya, tamu akan merasa diperlakukan istimewa.
· Pelayanan hotel akan berkesan familiar
bagi tamu.
· Tamu akan selalu ingat dengan pelayanan
yang diberikan hotel tersebut dan menarik tamu untuk datang kembali.
Keuntungan bagi hotel :
· Meningkatkan image yang baik bagi hotel
dan karyawan, karena Hotel terkenal dengan cara pelayanannya yang ramah karena
selalu menyebut nama tamu bahkan menanyakan kabarnya, pada setiap pelayanan
yang diberikan.
· Dengan pelayanan seperti tersebut di
atas dapat meningkatkan occupancy hotel, dengan occupancy yang meningkat berarti
pendapatan hotel akan ikut meningkat juga.
· Dengan image yang sudah terbangun dapat
dikatakan sebagai sarana promosi gratis dari hotel melalui mulut tamu.
TIPS
Ingatlah selalu bahwa tamu sangat mengharapkan
perlakuan dan pelayanan yang profesional, istimewa dan memuaskan tanpa membedakan
kaya atau miskin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar