PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Jumat, 06 September 2013

PENANGANAN PEMERIKSAAN MINI BAR, PENANGANAN KERUSAKAN DAN GANGGUAN DI KAMAR

Penanganan Pemeriksaan Mini Bar
Pelayanan Mini Bar biasanya bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi tamu yang memerlukan soft drink/minuman ringan dan makanan kecil lainnya di kamar. Sehingga tamu tidak perlu membuang waktu keluar kamar atau hotel untuk membelinya, disamping itu juga akan mendatangkan keuntungan dari hasil penjualan soft drink dan snacknya.
Agar minibar di kamar dapat ditangani dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya kehilangan atau late charge terhadap minibar.
Minibar disediakan di kamar beserta daftar minuman serta daftar snack yang tersedia disertai dengan minibar list/voucher yang merupakan bukti pembayaran untuk tamu. Front office cashier akan menagihkan bila mana tamu tersebut check-out. Housekeeping clerk atau order taker akan membuat laporan penjualan dan kehilangan mini bar berdasarkan jumlah minuman yang diambil oleh room attendant untuk melengkapi kamar. (Tugas ini biasanya diberikan kepada seksi/bagian mana saja yang telah ditetapkan oleh pihak hotel.)
Prosedur dan tanggung jawab
1)  Housekeeping Office/Order Taker
·     Order taker menginformasikan kepada supervisor tentang kamar yang akan check out.
·     Mengambil salinan bukti pembayaran minibar di kasir.
·     Membuat daftar menibar yang terjual
·     Menyimpan daftar minibar yang terjual
·     Membuat bukti kehilangan yang disetujui oleh housekeeper supervisor dan front office cashier jika minibar tak terbayar
·     Membuat daftar minibar hilang
·     Menyimpan daftar minibar yang hilang.
2)  Floor Supervisor
Segera menyampaikan kepada room attendant untuk segera mengadakan pemeriksaan terhadap kamar yang check out.
3)  Room attendant
·     Meminta ijin kepada tamu untuk memeriksa minibar
·     Memeriksa minibar di kamar
·     Room attendant segera mendaftarkan ke cashier tentang minibar yang dikonsumsi oleh tamu.
Catatan:
· Jika pada saat akan memeriksa minibar, tamu tidak mengijinkan maka room attendant menyampaikan kepada cashier.
· Jika ketika akan diperiksa ternyata tamu tidak berada dalam kamar maka room attendant langsung memeriksa minibar.

Penanganan Kerusakan dan Gangguan Di Kamar
Kerusakan di kamar
Prosedurnya sebagai berikut :
1) Semua informasi tentang kerusakan di kamar dicatat di order taker log book: jam diterimanya informasi, no kamar, jenis kerusakan, pengirim order dan nama petugas yang menerima informasi.
2)  Permohonan maaf harus disampaikan kepada tamu.
3) Jika peralatan tidak berfungsi dikarenakan rusak, order taker segera memberi tahukan kepeda bagian enginering, agar dikirim petugas untuk memperbaiki.
4)Disamping pemberitahuan langsung ke bagian engineering, agar dikirim petugas untuk memperbaiki.
5) Disamping pemberitahuan langsung ke bagian engineering, order taker harus melengkapi order tersebut dengan work order (WO) yang ditandatangani Exc. Housekeeper, dan dikirim ke bagian engineering.
Gangguan di kamar
Prosedurnya sebagai berikut :
1) Semua informasi tentang gangguan di kamar dicatat di order taker log book: jam diterimanya informasi, nomor kamar, jenis gangguan, asal informasi dan nama petugas yang menerima informasi.
2)  Permohonan maaf harus disampaikan kepada tamu
3) Jika gangguan ringan, order taker menginformasikan hal ini kepada supervisor untuk ditangani. Jika gangguan berat, order taker menginformasikan hal ini kepada Duty Manager dan Security untuk ditindaklanjuti, kemudian melaporkan hal ini kepada Exc. Housekeeper.

                                                Formulir Work Order

015697
                                                             
ROUTINE WORK ORDER

                                      
Date/Time Issued :
Sender/Department :
Please do the following :

Signature/name of
Sender


Clerk

Completed by :
Trade :
Date/time :

Remarks:
3 copy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar