Penanganan
Pelayanan Housekeeping yaitu segala
aspek layanan yang dibutuhkan oleh tamu sesuai dengan prosedur yang berlaku dan
batas yang telah ditentukan yang terkait dengan karakter dan budaya tamu yang
menginap di hotel tersebut. Dengan beragamnya tamu yang memiliki karakter dan
budaya yang berbeda-beda maka diperlukan pelayanan yang sangat serius,
penanganan memerlukan tenaga yang kompeten sesuai dengan tuntutan perusahaan
dan tamu.
Langkah-Langkah
Menangani Permintaan Tamu :
1) Greeting dan tawarkan bantuan.
2) Dengarkan dengan baik dan konfirmasikan
permintaan tamu (bila perlu dicatat) untuk menghindari kesalahan.
3) Beritahukan pada tamu jangka waktu yang
diperlukan untuk memenuhi permintaan tersebut.
4) Segera follow up/laksanakan segera
permintaan tamu sesuai dengan jangka waktu yang disepakati.
5) Laporkan peminjaman ke Housekeeping (masukkan
ke dalam log book dan formulir permintaan).
6) Identifikasi barang yang diminta.
7) Memilih barang.
8) Mengirim barang.
9) Meletakkan dan menata barang jika
diperlukan sesuai dengan fungsinya.
10) Menjelaskan cara penggunaan/ prosedur
pemakaian alat sesuai dengan keamanan dan keselamatan kerja.
11) Memberitahukan standar batas waktu
maksimal pemakaian (sesuai kesepakatan) dan akan diambil apabila sudah selesai.
12) Menawarkan bantuan lain bila
diperlukan.
13) Mohon ijin pada tamu apabila sudah
selesai melayani permintaan tamu tersebut dengan ramah dan sopan.
TIPS
a. Langkah-langkah
tersebut dapat bervariasi sesuai dengan prosedur operasional standar disetiap perusahaan.
b. Apabila
barang yang diminta oleh tamu tidak ada atau tidak diperkenankan di kamar,
berilah penjelasan agar tamu dapat mengerti dan menerima alasan.
c.
Jangan
membuat tamu menunggu terlalu lama.
d.
Berikan
layanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku di hotel
tersebut.
thanks you for task
BalasHapusSuryadi junior : sama-sama
Hapus