Permintaan Penambahan atau Perpindahan Kamar
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
a) Permintaan
penambahan atau perpindahan kamar dicatat dalam Order Taker Log Book: jam order taker, no kamar, jenis permintaan,
pemberi order, penerima order, ketarangan.
b) Permintaan
penambahan atau perpindahan kamar segera disampaikan ke petugas Front office
melalui telepon atau alat komunikasi yang lain.
c) Pelaksanaan
maupun administrasi penambahan atau perpindahan kamar akan dilaksanakan oleh petugas
front office.
d) Guna
meyakinkan kamar yang diminta dalam kondisi siap pakai (siap dijual) room
attendant harus memeriksa ulang kondisi dari kamar tersebut.
e) Khusus
untuk perpindahan kamar harus dicatat alasannya, dan kamar segera dibersihkan
kembali.
Peminjaman Peralatan atau Barang
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
a) Permintaan
peminjaman peralatan atau barang dicatat dalam order taker log book; jam order
taker, no kamar, jenis permintaan, pemberi order, penerima order, keterangan.
b) Permintaan
peminjaman peralatan atau barang segera disampaikan ke petugas kamar melalui telepon
atau alat komunikasi yang lain.
c) Petugas
kamar (room attendant) mengantar peralatan yang diminta oleh tamu.
d) Untuk
barang cukup mahal harganya, harus disertai dengan formulir peminjaman yang
harus ditandatangani oleh tamu.
e) Untuk
barang yang berisiko hilang (dibawa oleh tamu) peminjaman harus disertai dengan
uang jaminan dengan jumlah yang sudah ditentukan dan uang tersebut diserahkan
ke Front Office Cashier dengan disertai MC (Miscellaneous Charge).
f) Jika
barang yang dipinjam dikembalikan, uang jaminan akan dikembalikan ke tamu
g) Jika
barang yang dipinjam dibawa oleh tamu, uang jaminan akan dimasukkan ke dalam income tambahan hotel.
Prosedur Pengiriman dan Pengembalian Barang yang Dipinjam
a) Pengiriman barang pinjaman
Prosedurnya adalah sebagai berikut
:
· Memilih
dan memeriksa barang dalam keadaan bersih dan berfungsi baik.
· Mencatat
barang dan kepada siapa barang tersebut dikirimkan.
· Kirimkan
barang dan atur dengan tepat. Beritahukan kepada tamu tentang pemakaiannya jika
diperlukan. Gunakan nama tamu ketika mengirim barang.
· Kumpulkan
formulir pinjaman setelah ditandatangani tamu dan tinggalkan lembar salinannya
untuk tamu.
· Kembalikan
salinan formulir pinjaman tersebut ke kantor Housekeeping (1 lembar untuk
arsip, 1 lembar untuk Front Office)
· Catat
ke dalam log book (Untuk barang yang kecil seperti fasilitas untuk kamar mandi
hanya perlu dicatat pengantarannya pada log book).
b) Pengembalian barang pinjaman,
jika tamu masih terdaftar
Prosedurnya adalah sebagai berikut
:
· Konfirmasikan
melalui telepon dan cari tahu apakah tamu sudah selesai menggunakannya.
· Jika
barang tersebut sudah tidak diperlukan lagi, ambil barang dan salinan
formulirnya dari tamu.
· Kembalikan
barang ke gudang. Periksa apakah barang tersebut masih dalam keadaan baik dan simpan
di tempat yang semestinya.
· Catat
pengembalian barang dalam log book.
· Jika
tamu telah keluar / check out, ambil barang dari kamar tamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar