PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Sabtu, 07 September 2013

PENANGANAN PEMINJAMAN BARANG YANG TIDAK DIKENAKAN BIAYA, STANDARD KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM MELAYANI PERMINTAAN TAMU

Penanganan Peminjaman Barang Yang Tidak Dikenakan Biaya (Miscellaneous Charge)
                      Bagan alur penanganan peminjaman barang yang tidak dikenakan biaya



                                                              Formulir Miscellaneous Charge
 

Standard Keamanan Dan Keselamatan Kerja Dalam Melayani Permintaan Tamu
Beberapa standar keamanan dan keselamatan kerja yang perlu diperhatikan oleh petugas dalam melayani permintaan tamu :
a) Pemilihan kualitas/identifikasi barang yang akan dipinjam oleh tamu, mengenai kondisi dari barang tersebut dalam keadaan layak pakai. Sehingga pada saat digunakan oleh tamu, tidak akan terjadi kemungkinan kecelakaan kerja atau hal-hal lain yang merugikan pemakai/ pengguna dan hotel.
b)   Perhatikan cara/petunjuk penggunaan peralatan yang tercantum pada badan alat tersebut / brosur.
c) Perhatikan cara pengaturan dan peletakkan barang di kamar tamu, sehingga tidak mengganggu lalu lintas dan kenyamanan tamu
d) Jangan lupa untuk memperhatikan batas waktu pemakaian yang telah disepakati, agar kualitas barang tetap terjaga kualitasnya dan untuk menghindari kelalaian pemakaian yang mengakibatkan kecelakaan kerja.
e) Penggunaan perangkat pelindung yang mendukung keselamatan pengguna, seperti alas kaki, sarung tangan karet, masker pelindung debu, alas kain, atau bahan luar yang melekat pada peralatan yang mengandung penghantar listrik tidak berbahaya pada saat pemakaian (contoh : seterika).

TIPS
Dengan memperhatikan beberapa standar keamanan dan keselamatan kerja diatas, diharapkan akan dapat menghindari/memperkecil kecelakaan kerja baik bagi tamu maupun karyawan.
Informasikan standar keselamatan dan keamanan kerja tersebut pada setiap melakukan pelayanan permintaan tamu, agar tamu merasa puas, sehingga dapat menghindari komplain oleh tamu.

1 komentar: