Permintaan tambahan guest supplies
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
a) Permintaan
tambahan guest supplies di catat dalam OT log book: jam order, no kamar, jenis permintaan,
pemberi order, keterangan.
b) Permintaan
tambahan guest supplies segera disampaikan ke petugas kamar melalui telephone atau
alat komunikasi yang lain.
c)
Petugas
kamar (room attendant) akan mengantar guest supplies yang diminta oleh tamu
d)
Tambahan
guest supplies dicatat dalam room atendant work sheet.
Turn down service
Turn down service adalah pelayanan yang dilakukan oleh room
attendant untuk membuka tempat tidur dan merapikan kamar berstatus occupied
yang dilakukan pada sore hari (evening shift). Tugasnya antara lain adalah
sebagai berikut :
a)
Menutup
jendela dan horden (night curtain and glass curtain).
b)
Menyalakan
lampu seperlunya.
c) Membuka
bed cover jika bed cover masih berada pada tempat tidur, lalu dilipat dengan
rapi dan disimpan ke dalam wardrobe.
d)
Membuka
ujung sprai dan selimut pada bagian atas kepala dekat dengan night table, lalu
ditarik kearah kaki sehingga membentuk lipatan segi tiga. Bila tempat tidur
twin maka lipatan segitiganya saling berhadap-hadapan.
e)
Menempatkan
good night card atau door knob menu di atas tempat tidur.
f)
Membersihkan
ashtray dan sampah pada waste basket/rubbish box.
g)
Membersihkan
kamar mandi seperlunya.
h)
Menggantikan
towel yang kotor.
i) Mengisi air es di thermos jika hotel menyediakan thermos untuk tempat
air es di kamar.
Gambar Open
Bed
Catatan : Tidak semua hotel menyediakan pelayanan turn
down service, jika ada itu hanyalah merupakan pelayanan extra yang diberikan
hotel kepada tamu agar tamu merasa betah untuk tinggal di hotel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar