PETUNJUK BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (MLHKT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada di sebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Kamis, 05 September 2013

PERMINTAAN TAMBAHAN GUEST SUPPLIES DAN TURN DOWN SERVICE

Permintaan tambahan guest supplies
Prosedurnya adalah sebagai berikut :
a) Permintaan tambahan guest supplies di catat dalam OT log book: jam order, no kamar, jenis permintaan, pemberi order, keterangan.
b) Permintaan tambahan guest supplies segera disampaikan ke petugas kamar melalui telephone atau alat komunikasi yang lain.
c)   Petugas kamar (room attendant) akan mengantar guest supplies yang diminta oleh tamu
d)   Tambahan guest supplies dicatat dalam room atendant work sheet.

Turn down service
Turn down service adalah pelayanan yang dilakukan oleh room attendant untuk membuka tempat tidur dan merapikan kamar berstatus occupied yang dilakukan pada sore hari (evening shift). Tugasnya antara lain adalah sebagai berikut :
a)   Menutup jendela dan horden (night curtain and glass curtain).
b)   Menyalakan lampu seperlunya.
c) Membuka bed cover jika bed cover masih berada pada tempat tidur, lalu dilipat dengan rapi dan disimpan ke dalam wardrobe.
d)   Membuka ujung sprai dan selimut pada bagian atas kepala dekat dengan night table, lalu ditarik kearah kaki sehingga membentuk lipatan segi tiga. Bila tempat tidur twin maka lipatan segitiganya saling berhadap-hadapan.
e)   Menempatkan good night card atau door knob menu di atas tempat tidur.
f)     Membersihkan ashtray dan sampah pada waste basket/rubbish box.
g)   Membersihkan kamar mandi seperlunya.
h)   Menggantikan towel yang kotor.
i)  Mengisi air es di thermos jika hotel menyediakan thermos untuk tempat air es di kamar.
   
                                                                     Gambar Open Bed


Catatan :  Tidak semua hotel menyediakan pelayanan turn down service, jika ada itu hanyalah merupakan pelayanan extra yang diberikan hotel kepada tamu agar tamu merasa betah untuk tinggal di hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar